RESTful Web Services

Latar Belakang Web Services (Programmable Web) Website yang kita buat tentu kita desain agar  manusia dapat dengan mudah dan nyaman untuk mengakses informasi yang ada didalamnya. Namun,  bagaimana jika yang mengakses website kita adalah sebuah program komputer? Sudah menjadi rahasia umum, jika programmer sering menggunakan cara tidak resmi untuk mendapatkan informasi yang ada dalam sebuah website  dengan teknik screen-scraping misalnya. Namun sayang, program komputer tidak se-fleksibel manusia dalam hal menafsirkan data yang ada dalam sebuah website. Maka, muncullah teknologi seperti RSS, XML-RPC, SOAP, RESTful Web Services, dll. Teknologi-teknologi tersebut dibuat untuk membuat website kita lebih mudah dibaca atau ditafsirkan oleh program komputer. Apa Itu RESTful Web Services? RESTful Web Services mengacu pada sebuah cara atau gaya dalam membangun sebuah sistem web services dengan memanfaatkan semua fitur/potensi yang dimiliki oleh teknologi HTTP (Hypertext Transfer Prot

Membuat Model Menggunakan Fitur Gii Console Command di Yii2

Melanjutkan seri tutorial "Membangun Aplikasi Jual Beli Barang Bekas Online Menggunakan Yii2 dan Riot.JS". Dalam postingan sebelumnya kita melakukan Implementasi Rancangan Database menggunakan fitur Database Migration di Yii2, ada tiga tabel lagi yang belum kita buat database migration-nya yaitu tabel kategori, subkategori, dan iklan. Dalam postingan kali ini, kita akan coba untuk melanjutkannya dan men-genarate model menggunakan fitur gii console command di Yii2.

Langsung saja, kita mulai dengan melanjutkan membuat database migration. Langkah-langkah berikut harus dilakukan sesuai urutannya.

5. kategori

Untuk men-generate file database migration untuk membuat tabel kategori silahkan ketikkan perintah berikut ini di terminal/cmd/powershell.
Sama halnya dengan tabel provinsi kita akan melakukan transaksi insert data kategori dari sebuah file csv, jadi kita harus memodifikasi kode hasil generate Yii2 menjadi seperti dibawah ini:
Note: File csv untuk kategori akan saya push ke repo GitHub project ini, jadi silahkan copy file tersebut dari sana dan simpan di direktori  migartions/kategori.csv project kalian masing-masing.  Dalam file tersebut ada 9 kategori barang bekas.

6. subkategori

Selanjutnya adalah men-generate tabel subkategori, silahkan ketikkan perintah berikut:
Sama halnya dengan table kategori, kita akan melakukan insert data subkategori dari file csv. Modfikasi kode hasil generate Yii2 menjadi seperti dibawah ini:
Note: File csv untuk subkategori akan saya push juga ke repo Github project ini, silahkan copy dari sana dan simpan di direktori migrations dengan nama subkategori.csv. Dalam file tersebut terdapat 64 subkategori.

7. iklan

Tabel terakhir yang akan kita generate file database migration-nya adalah tabel iklan, silahkan ketikkan perintah berikut:

Setelah semua file migrasi berhasil digenerate, silahkan implementasi file tersebut ke database barbek dengan mengetikkan perintah berikut:
Untuk mengkonfirmasi apakah implementasi database berhasil kita lakukan, silahkan cek database barbek anda menggunakan MySQL console command (baca disini) atau menggunakan MySQL GUI management software (SQLyog, Sequel Pro, dll). Pastikan tabel user, kontak, provinsi, kota, kategori, subkategori, dan iklan beserta kolom dan data-data yang kita import ada pada database barbek.

Langkah selanjutnya adalah membuat model untuk setiap tabel yang telah kita buat, pada kesempatan kali ini kita akan menggunakan salah satu fitur Yii2 yaitu Gii console command (command line version). Untuk mengetahui bagaimana cara mengunakan Gii console command anda bisa mengetikkan perintah berikut (pastikan terminal/console yang anda gunakan berada didirektori projek BarBek):
Saat anda mengetikkan perintah diatas maka Yii2 console command akan menampilkan petunjuk atau bantuan mengenai perintah-perintah tersebut.
Contoh menampilkan bantuan atau petunjuk Yii2 console command

Langsung saja kita praktikan, untuk meng-generate file model dari tabel-tabel yang telah kita buat (kecuali tabel user, karena file modelnya sudah ada). silahkan ketikkan perintah berikut:
Dan ini salah satu contoh file model yang digenerate untuk tabel iklan:
Note: Kedepan tentu file hasil generate ini akan kita modifikasi sesuai dengan kebutuhan aplikasi barbek. Jika  bingung dengan method yang diimplementasikan didalam kelas tersebut silahkan lihat dokumentasi untuk class ActiveRecord disini : http://www.yiiframework.com/doc-2.0/yii-db-activerecord.html

Sampai disini dulu, akan kita lanjutkan minggu depan dengan membuat Controller dan Modifikasi file-file model yang digenerate.



Comments



Popular posts from this blog

Membuat RESTful endpoint untuk Kontak

Google News Feed API Alternative